Responsive Advertisement

Penjangkauan Blogger Berkualitas

Tutorial Yonas Muanley kali ini menghadirkan artikel dengan topik "Penjangkauan Blogger Berkualitas". Saya sengaja memberi judul ini karena Topik "Outreach Blogger" sudah ditulis dalam artikel terdahulu.

Baca: Blogger Outreach

Pengertian Outreach Blogger Quality

Outreach Blogger Quality atau penjangkauan blogger berkualitas dapat kita pahami artinya dalam beberapa sumber yang saya dapatkan di internet.

Pertama, dalam situs grouphigh.com,  Blogger Outreach adalah Strategi bekerja sama dengan influencer online berupa blogger untuk membangun jaringan duta merek, mempromosikan produk baru, mendapatkan sebutan otentik, dan diperhatikan oleh berbagai konsumen baru.

Kedua, dalam situs brandmeetsblog.com.au dinyatakan bahwa Penjangkauan Blogger, juga dikenal sebagai hubungan blogger, adalah bisnis yang bekerja sama dengan blogger untuk membuat konten asli dan autentik untuk mempromosikan produk, merek, atau layanan. Dengan menjangkau blogger yang sudah berbicara dengan komunitas Anda, bisnis Anda mendapat manfaat dari kepercayaan dan pengaruh mereka.


pixabay.com

Sebelum saya membahas topic ini, saya perlu menyampaikan bahwa topic ini sebenarnya sudah bertaburan di internet. Pembaca tinggal cari di google maka akan menemukan banyak pilihan informasi tentang topic kerja sama dengan blogger. Kerja sama ini dalam sebutan lain yakni “penjangkauan blogger” dengan saya menambahkan kata berkualitas dengan maksud hendak menegaskan bahwa kerja sama dengan penulis blog (blogger) yang tulisannya memberi manfaat. Untuk maksud inilah maka saya menggunakan kata kualitas. Blogger berkualitas tentu berbeda dengan penulis blog yang pemula yang baru berusaha menulis dan mempublikasi artikel. Namun tidak berarti bahwa mereka yang pemula tidak memiliki artikel yang berkualitas. Pasti ada, namun yang saya maksudkan disini yakni kerja sama dengan blogger yang sudah lama membangun blog mereka. Dengan demikian blog mereka sudah terindeks google dan dikenal di google. Misalkan saja saya ambil contoh dengan diri saya.Anda cari nama saya di google pasti anda akan ketemu siapa saya dan blog yang saya sudah hasilkan. Jadi, saya tidak asing lagi di mesin telusur seperti google,bing dan Yahoo.

Apakah kurang bahan tentang Penjangkauan blogger berkualitas?

Jawabannya tentu tidak. Banyak tulisan tentang pokok ini. Saya menulis untuk menambahkan khasanah blogger dalam topic penjangkauan blogger yang dapat dijadikan sebagai panduan maupun tips dalam menjangkau blogger, khususnya untuk strategi marketing. Bagian ini berhubungan dengan kerja sama pemilik produk yang hendak membranding produk mereka melalui blog. Promosi melalui blog tentu sangat efektif untuk meningkatkan rangking website pemilik produk di Google dan mesin penelusuran internet non google.

Jadi artikel ini dihadirkan dalam blog ini dengan tujuan untuk menyampaikan informasi bagi mereka yang sedang mencari topic sebagaimana yang disampaikan dalam judul artikel. Informasi tersebut disampaikan dalam gaya saya yang memiliki perbedaan dengan penulis blog lainnya. Kami sama-sama blogger tetapi punya gaya yang berbeda dalam menyampaikan informasi.

 Blogger Populer

Menjadi blogger popular yang olehnya menjadi  peluang kerja sama antar blogger maupun antar pemilk produk (brand) dengan pemilik blog tidaklah terjadi dalam waktu singkat, tentu butuh waktu yang relative lama. Bila ada blogger yang popular secara tiba-tiba maka kasus ini tidak bersifat umum. Ini bersifat kasusistik. Hanya orang-orang terentu dengan kemampuan menulis di atas rata-rata dan paham tulisan yang bersifat SEO dan berpusat pada apa yang dibutuhkan pengunjung. Dengan kata lain tulisan yang berorientasi kepada pengunjung blog atas sebuah topic yang dibahas.

Lalu apa pesan yang hendak saya sampaikan dalam bagian ini?. Pesan saya yakni blogger popular umumnya  membutuhkan  proses, tidak ada budaya instan untuk menjadi popular pada blogger. Bila ada maka itu sifatnya kasus saja. Artinya hanya orang-orang tertentu saja. Saya saja membutuhkan waktu 10 tahun lebih barulah mulaidilirik oleh pemilik produk untuk membangun kerja sama melalui artikel bersponsor.  Kerja sama ini menjadi salah satu indicator dari blogger popular. Bila tidak popular maka tidak mungkin  ada  tawaran dari salah satu OutReach blogger yang berasal dari luar Indonesia yang kantor pusat situsnya berada di Hongkong. Saya sudah cek situs dan profil pemilik situs serta mereka yang bekerja dalam outreach blogger.

Blogger Outreach

Dalam dunia ini tidak ada manusia yang bergantung pada dirinya sendiri dalam mengusahakan sebuah kesuksesan.  Sukses membutuhkan kerja sama. Demikian juga dalam dunia blog. Para penulis dan pemilik blog memerlukan kerja sama antar blogger maupun antar pemilik produk. Pemilik produk membutuhkan sebuah strategi yang efektif (tercapai tujuan/berhasil) dengan para influnecer. Teknik seperti ini dikenal dengan Outreach Blogger. Melalui teknik ini antara blogger dan pemilik produk bekerja sama secara efektif (Blogger Outreach)

Mendalami Blogger Outreach

Apakah kita paham tentang penjangkauan blogger atau Outreach blogger?

Outreach blogger atau menjangkau blogger dalam istilah yang lain kita kenal  influencer. Apa influencer di niche atau domain kita tentunya mengarah kepada apa yang disebut dengan Blogger Outreach. Dengan demikian kita dapat mengartikan frasa Blogger Outreach atau hubungan blogger. Blogger Outrech adalah salah satu strategi dalam mempromosikan bisnis melalui blogger (penulis blog). Melalui blog dari para pemilik dan penulis blog, sebuah brand dapat dipromosikan. Pengertian lain yang lebih mudah diingat yaitu blogger outreach adalah kemampuan membangun kerja sama atau bergandengan tangan dengan komunitas blogging.  Komunitas Blogging ini menamakan komunitas mereka macam-macam. Ada yang menggunakan kata Blogger Outreach Services, yang lain menggunakan kata Best Blogger Outreach Services dll.

Jadi, blogger outreach berarti membangun kerja sama atau bergandeng tangan dalam mencapai sukses di dunia bisnis. Bisnis itu ada macam-macam, yaitu melalui produk berupa barang dan jasa. Produk berupa barang seperti kita menghasilkan produk makanan, minuman, obat, sepatu, tas, pakaian dan lain-lain. Produk ini tidak akan laku terjual jika tidak ada promosi. Dalam promosi produk, ada banyak teknik promosi seperti menjual langsung dan tidak langsung. Penjulan demikian dapat dilakukan melalui salah satu cara di dunia online yaitu melalui komunitas Blogger yang disebutkan dengan istilah “Blogger Outreach. Komunitas ini berusaha menjangkau para blogger dengan tujuan membangun kerja sama. Salah satu kerja sama itu yakni menerbitkan iklan melalui blog dengan cara Sponsored Post atau artikel bersponsor.

Komunitas blogger ini akan berusaha mengirim pesan kepada kita melalui email. Untuk bagian ini sebaiknya saya narasikan pengalaman saya dalam bulan April 2021 ketika dihubungi oleh salah satu komunitas blogger Asia yang berkantor pusat di Hongkong. Komunitas mereka disebut dengan “Blogger Outreach … Saya sengaja tidak menyebutkan tidak lengkap. Mengapa demikian karena baru pada taraf kesepakatan untuk artikel bersponsor dan nama serta blog saya sudah dimasukan dalam list mereka, saya diminta menunggu, bila mereka telah mendapatkan klient maka pihak mereka akan menghubungi saya. Itulah sebabnya saya belum menyebutkan nama komunitas ini secara lengkap. Saya akan sampaikan setelah ada wujud menerbitkan artikel bersponsor di blog saya “Metodologi Penelitian”.

Bagian terbaik dari penjangkauan blogger adalah Anda dapat melipatgandakan lalu lintas Anda dengan memanfaatkan otoritas blog orang lain. Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan cepat, yang mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai tujuan yang sama.

Dari posting blog ini, Anda akan mendapatkan ide eksplisit tentang penjangkauan blogger dan bagaimana menjadi sukses mengungguli pesaing Anda.


Layanan Blogger Outreach

Kita sudah menyebutkan blogger outreach di penjelasan di atas, lalu seperti  apa Layanan Blogger Outreach. Layanan blogger ini meliputi:

1.       Sponsored Post atau artkel bersponsor

2.       Sponsor Blog

3.       Promosi Online

4.       Branding bisnis

5.       Meriview atau mengulas produk

6.       Co-branding

7.       Duta Besar

8.       Peluncuran produk

9.       Mengembangkan konteks

10.   Dan sebagainya

11.   Bloggor Outreach sebagai salah satu strategi Strategi Marketing

Penjelasan

1.       Sponsored Post atau artkel bersponsor

2.       Sponsor Blog

3.       Promosi Online

4.       Branding bisnis

5.       Meriview atau mengulas produk

6.       Co-branding

Co-branding menjadi salah satu strategi para pengusaha. Artinya seorang pengusaha mesti memiliki banyak strategi usaha. Dalam hal ini sSeorang pengusaha/pemilik produk mesti memiliki banyak strategi yang dianggap jitu demi menopang keberlangsungan atau kelangsungan usahanya dan produknya tetap diminati pasar (pengguna produk). Lalu apa itu co-branding?  Dalam situs  pelayananpublik.id,  Co-branding adalah strategi pemasaran yang menggunakan banyak nama merek sebagai barang atau jasa yang merupakan bagian dari aliansi strategis”.  Contoh template Blogger rasa WP atau Indomie rasa Chitato. Bahkan dalam situs yang sama dikemukan sebuah kesimpulan bahwa Co-Branding yaitu penggabungan dua produk dari perusahan berbeda menjadi satu produk baru. Misalnya Chitato Rasa Indomie Goreng. Dengan demikian produk baru ini dinamakan produk co-branded’

 7.       Duta Besar

8.       Peluncuran produk

9.       Mengembangkan konteks

10.   Dan sebagainya

11.   Bloggor Outreach sebagai salah satu strategi Strategi Marketing

Dalam sumber yang lain sebagaimana yang disebutkan dalam situs brandmeetsblog.com.au, Layanan Penjangkauan Blogger meliputi:

1.      Posting bersponsor

2.      Ulasan produk

3.      Pengambilan sampel kampanye

4.      Acara langsung

5.      Promosi / hadiah online

6.      Proyek merek bersama

7.      Acara Blogger

8.      Penempatan produk / pengembangan konten

9.      Duta Besar

10.  Sponsor podcast dan blog

Manfaat Strategi Blogger Outreach

Ada sejumlah manfaat yang diperoleh dalam penjangkauan blogger, diantaranya:

1.        Sebuah blog akan lebih aktif di berbagai jejaring sosial

2.        Blog mendapatkan lebih banyak sebutan sosial.

3.       Pemilik blog merasa dapat diandalkan untuk meneliti merek, produk, atau layanan apa pun melalui blog.

4.       Blog menjadi sarana yang efisien untuk meluncurkan dan mempromosikan produk atau layanan baru.

5.       Penulis blog atau blogger  akan giat membangun audiens mereka

6.       Seorang blogger akan menyebarkan merek Anda ke berbagai audiens baru.

7.       Blog hampir membahas ceruk tertentu; dengan demikian akan mendorong untuk lebih fokus pada audiens target.

8.       Blog merupakan sumber eksklusif untuk merekrut influencer karena setiap influencer pasti memiliki blognya masing-masing.

9.       Memungkinkan nama-nama terkenal mempromosikan Anda sehingga lebih banyak pemirsa atau prospek yang memperhatikan nama dan merek Anda.

10.   Bangun otoritas domain Anda dan tingkatkan peringkat Anda dengan menghasilkan backlink otoritatif dari blog favorit.

 

Cara Melakukan Penjangkauan Blogger

Pergi ke Google. Anda menuju ke Google untuk mencari solusi. Saat itulah Anda menemukan hal penjangkauan blogger ini.

Apa itu penjangkauan blogger?

Penjangkauan Blogger adalah proses menampilkan produk atau konten Anda kepada blogger dan jurnalis yang relevan dengan mengirimi mereka email yang dipersonalisasi. Tujuan utama dari penjangkauan blogger adalah untuk meyakinkan mereka yang memiliki banyak target audiens untuk membicarakan tentang Anda dan menautkan ke situs web Anda.

Menulis Artikel Tentang Topik yang Sama

Saya sering mengalami bahwa artikel saya saya tulis kadang sama dengan artikel orang lain. Bahkan ada yang kopi paste. Jika seseorang telah menulis artikel tentang topik yang sama dengan Anda, Anda dapat bertaruh bahwa mereka sangat tertarik dengan topik itu. Untuk itu kita gunakan google untuk melihat topic yang sama.  Saat kita gunakan google maka akan muncul 10 besar artikel yang judulnya sama bahkan mirip dengan yang kita tulis. Hal ini menunjukkan bahwa artikel

Buka Google dan cari beberapa kata kunci yang terkait dengan topik konten Anda. Kumpulkan daftar artikel yang muncul di hasil.

Jika kita mencari  prospek untuk postingan ini, kita akan mencari sesuatu seperti "penjangkauan blogger".

 5 Fase Penjangkauan Blogger

Menurut grouphigh.com, 5 fase penjangkauan blogger yaitu:

1.       Rencanakan seluruh kampanye Anda sebelum menjangkau blogger. Membayangkan tujuan Anda sepenuhnya sebelum melempar sangat penting sehingga Anda dapat mengarahkan kampanye secara akurat ke arah yang benar. Mengonsultasikan persona pembeli juga sangat penting sehingga Anda dapat memiliki gambaran yang jelas tentang jenis blogger yang diikuti konsumen Anda.

2.       Identifikasi blogger yang tepat melalui alat penjangkauan blogger, rekomendasi dari blogger lain di jaringan Anda, pencarian berdasarkan topik khusus, dan gulungan blog.

3.       Promosi Jangkau blogger dengan cara yang dipersonalisasi yang berisi memberi (apa yang Anda tawarkan dan mengapa mereka ingin bekerja dengan Anda) dan pertanyaan (apa yang Anda ingin mereka lakukan untuk merek Anda).

4.       Kirim. Berikan aset kepada blogger yang bekerja dengan Anda untuk menulis tentang seluruh pengalaman dengan merek Anda. Dari konten yang mengagumkan hingga item merek baru hingga infografis hingga wawancara eksklusif — kirimkan apa yang Anda janjikan dan buatlah menjadi keren.

5.       Promosikan Saat Anda memperoleh media dari blogger, bagikan di saluran Anda sendiri. Ini membantu posting Anda mendapatkan eksposur dan membantu blogger mendapatkan audiens baru.

Manfaat Penjangkauan Blogger

1.       Pembeli rata-rata berkonsultasi dengan 11 ulasan produk sebelum membuat keputusan pembelian. Sebagian besar adalah posting blog.

2.       Blogger lebih mudah dicari berdasarkan kriteria kontekstual yang terperinci daripada pemberi pengaruh di platform lain.

3.       Blogger adalah beberapa sumber daya yang paling dicari saat konsumen meneliti merek dan produk. Faktanya setidaknya 81% populasi digital mempercayai saran yang mereka dapatkan dari blogger.

4.       Blogger aktif di berbagai saluran sosial sehingga mereka adalah batu loncatan yang bagus untuk kampanye yang menjangkau banyak saluran digital.

5.       Blogger menulis tentang topik berbasis niche alih-alih genre yang memungkinkan pemasar menemukan influencer yang memiliki audiens yang sangat tertarget.

6.       Tindakan dan penyebutan sosial didorong lebih efektif oleh "pusat kekuasaan". Influencer tingkat menengah seperti blogger memiliki audiens yang lebih kecil tetapi lebih setia dan mendorong keterlibatan 16 kali lebih banyak daripada media berbayar dan "mega influencer".

7.       Blog berada di lima besar sumber informasi tepercaya.

 

Cara Membangun strategi penjangkauan blogger yang sukses

1.       Pendekatan atau Dekati penjangkauan blogger dengan pendekatan "membangun jaringan". Buat strategi yang mengidentifikasi blogger yang paling banyak mengangkat merek Anda dan menyegmentasikan mereka ke dalam kelompok advokat yang Anda bina dan bekerja sama dengan Anda.

2.       Pada email penjangkauan awal setelah mengidentifikasi blogger yang ingin Anda ajak kerja sama, kirimkan promosi pribadi yang berisi hal-hal berikut secara jelas dan ringkas:

a.       Latar belakang singkat tentang Anda dan merek Anda

b.      Mengapa kalian berdua cocok

c.       Apa yang Anda minta dari blogger tersebut

d.      Apa yang ingin Anda berikan untuk membuat hubungan saling menguntungkan

e.      Tautkan ke aset merek tetapi jangan mengirim lampiran di email pertama

3.       Identifikasi relung dalam vertikal blogger yang akan diikuti oleh target konsumen Anda.

4.       Coba-coba. Coba pendekatan yang berbeda dan bekerja dengan ceruk yang berbeda untuk mempelajari media digital apa dan jenis posting apa yang paling banyak menciptakan keterlibatan merek.

5.       Berfokuslah untuk memberi blogger Anda seluruh pengalaman dengan merek Anda. Ini memunculkan pos yang mendorong keterlibatan, bukan tautan dan sapaan sederhana.

6.       Fokus pada kecocokan kontekstual daripada kecocokan numerik. Audiens kecil tapi bertarget super lebih efektif untuk kampanye Anda daripada blogger yang memiliki "semacam" kecocokan kontekstual tetapi memiliki banyak pengikut Twitter.

7.       Promosikan semua media yang diperoleh di saluran sosial Anda sendiri.

8.       Lengkapi blogger dengan banyak aset untuk membantu mereka menulis postingan yang mengagumkan dan akurat tentang merek Anda. Gambar resolusi tinggi, panduan produk, dan infografis sangat bagus!

9.       Bekerja dengan blogger di berbagai saluran digital. Blogger mempromosikan diri mereka sendiri di seluruh saluran sosial mereka sehingga pengaruh mereka cenderung berada di berbagai media.

Pentingnya Menggunakan Layanan Penjangkauan Blogger

1.      Mengidentifikasi blog yang sesuai

2.      Menghubungi pemilik,

3.      Menentukan harga kampanye

4.      Mengembangkan strategi kampanye,

5.      Menganalisis hasil membutuhkan waktu.

Banyak waktu. Ini juga bisa menghabiskan banyak uang, tanpa pengembalian investasi itu. Dengan menggunakan layanan penjangkauan blogger profesional, Anda akan memiliki ahli strategi kampanye yang bekerja dengan Anda untuk memilih pemberi pengaruh yang ideal, mengelola kampanye, dan memberikan hasil.

 

Peran Blogger Dalam Bisnis Pemilik Produk

1.      Ada banyak cara untuk bermitra dengan blogger untuk mencapai tujuan Anda.

2.      Ahli strategi penjangkauan Anda akan mengambil tujuan Anda dan menghasilkan eksekusi yang kreatif dan menarik.

3.      Kemungkinannya hanya dibatasi oleh imajinasi Anda!

 

Layanan Outreach Blogger

Menurut brandmeetsblog.com.au, Layanan Penjangkauan Blogger meliputi:

1.      Posting bersponsor

2.      Ulasan produk

3.      Pengambilan sampel kampanye

4.      Acara langsung

5.      Promosi / hadiah online

6.      Proyek merek bersama

7.      Acara Blogger

8.      Penempatan produk / pengembangan konten

9.      Duta Besar

10.  Sponsor podcast dan blog

Tujuan akhirnya adalah untuk mengungkap pengaruh blogger yang cocok untuk bisnis Anda dan membuat mereka membicarakan Anda.

Mengapa Outreach Blogger

Dalam situs brandmeetsblog.com.au, memberi beberapa alasan yaitu:

1.      Seorang blogger tidak hanya menulis di internet,

2.      Blogger memiliki atau membentuk komunitas yang dinamis

3.      Blogger punya kemampuan untuk “Mata uang digital”

4.      Kepercayaan mendorong tindakan dan inilah yang membuat blogger begitu kuat.


Membuat Email Outreach Blogger

Pada waktu saya mendapat email dari blogger outreach service yang isinya meminta kerja sama dalam hal menerbitkan iklan di blog saya melalui artikel bersponsor. Saya kemudian membalas surat tersebut bahwa saya setuju. Tentu surat yang saya maksudkan disini yakni email.

Saya menggunakan email dari gmail sedangkan pihak OBS menggunakan email resmi komunitas blogger OBS (Outreach Blogger Service) yang didalamnya ada foto dari staf layanan yang bertugas menghubungi para blogger.

Setelah pengalaman terebut berlalu beberapa hari, saya kemudian mencari informasi di internet. Saya kmudian mendapatkan apa yang disebut dengan email Outreach Blogger. Ternyata ada template khusus untuk email penjangkauan blogger. Email itu saya belum memiliki. Oleh karena itu saya membahasnya disini.

Email Outreach Blogger harus lebih personal dan berhubungan dengan prospek kita. Tentunya sesuai dengan niche blog kita. Dalamemail itu kita dapat menambahkan pandangan atau komentar kita tentang postingan atau acara blog terbaru. Dengan begitu kita dapat memberi tahu mereka bahwa kita adalah pengikut setia blog dan aktivitas sosialnya. Oleh karena itu jangan menyebutkan lebih banyak tentang diri kita dan niat kita. Email kita harus menunjukkan kesidiaan membantu semampu kita. Membantu disini tidak dalam arti uang tetapi dalam kontribusi pemikiran yang bermanfaat.

 

Praktik Terbaik Penjangkauan Blogger


Mari kita melakukan cara Outreach Blogger/penjangkauan blogger melalui cara sbb:

1.       Kirim email yang dipersonalisasi satu per satu

2.       Jangan gunakan template email umum atau salin / tempel email

3.       Bantulah pemberi pengaruh dengan cara atau sebelum mengharapkan bantuan

4.       Jangan berniat lebih untuk mencapai tujuan tindakan Anda secara langsung

5.       Ikuti dengan minat yang nyata dan bangun hubungan

6.       Jangan ketinggalan demi membuat terkesan

7.       Apakah meminta umpan balik, ulasan tentang produk atau layanan Anda

8.       Jangan memaksa untuk hanya memberikan ulasan positif

9.       Hargai upaya dan efisiensi mereka

10.   Jangan meminta untuk memiliki kendali atas bagian editorial konten (untuk kiriman bersponsor)

11.    pastikan template email bebas dari kesalahan tata bahasa dan kesalahan logika.

 

Posting Komentar

0 Komentar