Pengertian Outreach
Blogger Quality
Outreach Blogger Quality atau penjangkauan blogger
berkualitas dapat kita pahami artinya dalam beberapa sumber yang saya dapatkan
di internet.
Pertama, dalam situs grouphigh.com, Blogger Outreach adalah Strategi bekerja sama
dengan influencer online berupa blogger untuk membangun jaringan duta merek,
mempromosikan produk baru, mendapatkan sebutan otentik, dan diperhatikan oleh
berbagai konsumen baru.
Kedua, dalam
situs brandmeetsblog.com.au dinyatakan bahwa Penjangkauan Blogger, juga dikenal
sebagai hubungan blogger, adalah bisnis yang bekerja sama dengan blogger untuk
membuat konten asli dan autentik untuk mempromosikan produk, merek, atau
layanan. Dengan menjangkau blogger yang sudah berbicara dengan komunitas Anda,
bisnis Anda mendapat manfaat dari kepercayaan dan pengaruh mereka.
Sebelum saya membahas topic ini, saya perlu menyampaikan bahwa topic ini sebenarnya sudah bertaburan di internet. Pembaca tinggal cari di google maka akan menemukan banyak pilihan informasi tentang topic kerja sama dengan blogger. Kerja sama ini dalam sebutan lain yakni “penjangkauan blogger” dengan saya menambahkan kata berkualitas dengan maksud hendak menegaskan bahwa kerja sama dengan penulis blog (blogger) yang tulisannya memberi manfaat. Untuk maksud inilah maka saya menggunakan kata kualitas. Blogger berkualitas tentu berbeda dengan penulis blog yang pemula yang baru berusaha menulis dan mempublikasi artikel. Namun tidak berarti bahwa mereka yang pemula tidak memiliki artikel yang berkualitas. Pasti ada, namun yang saya maksudkan disini yakni kerja sama dengan blogger yang sudah lama membangun blog mereka. Dengan demikian blog mereka sudah terindeks google dan dikenal di google. Misalkan saja saya ambil contoh dengan diri saya.Anda cari nama saya di google pasti anda akan ketemu siapa saya dan blog yang saya sudah hasilkan. Jadi, saya tidak asing lagi di mesin telusur seperti google,bing dan Yahoo.
Apakah kurang bahan tentang
Penjangkauan blogger berkualitas?
Jawabannya tentu tidak. Banyak
tulisan tentang pokok ini. Saya menulis untuk menambahkan khasanah blogger
dalam topic penjangkauan blogger yang dapat dijadikan sebagai panduan maupun
tips dalam menjangkau blogger, khususnya untuk strategi marketing. Bagian ini
berhubungan dengan kerja sama pemilik produk yang hendak membranding produk
mereka melalui blog. Promosi melalui blog tentu sangat efektif untuk
meningkatkan rangking website pemilik produk di Google dan mesin penelusuran
internet non google.
Jadi artikel ini dihadirkan dalam
blog ini dengan tujuan untuk menyampaikan informasi bagi mereka yang sedang
mencari topic sebagaimana yang disampaikan dalam judul artikel. Informasi
tersebut disampaikan dalam gaya saya yang memiliki perbedaan dengan penulis
blog lainnya. Kami sama-sama blogger tetapi punya gaya yang berbeda dalam
menyampaikan informasi.
Menjadi blogger popular yang olehnya menjadi peluang kerja sama antar blogger maupun antar
pemilk produk (brand) dengan pemilik blog tidaklah terjadi dalam waktu singkat,
tentu butuh waktu yang relative lama. Bila ada blogger yang popular secara
tiba-tiba maka kasus ini tidak bersifat umum. Ini bersifat kasusistik. Hanya
orang-orang terentu dengan kemampuan menulis di atas rata-rata dan paham
tulisan yang bersifat SEO dan berpusat pada apa yang dibutuhkan pengunjung.
Dengan kata lain tulisan yang berorientasi kepada pengunjung blog atas sebuah topic
yang dibahas.
Lalu apa pesan yang hendak saya sampaikan dalam bagian ini?.
Pesan saya yakni blogger popular umumnya membutuhkan proses, tidak ada budaya instan untuk menjadi popular
pada blogger. Bila ada maka itu sifatnya kasus saja. Artinya hanya orang-orang
tertentu saja. Saya saja membutuhkan waktu 10 tahun lebih barulah mulaidilirik
oleh pemilik produk untuk membangun kerja sama melalui artikel bersponsor. Kerja sama ini menjadi salah satu indicator dari
blogger popular. Bila tidak popular maka tidak mungkin ada tawaran
dari salah satu OutReach blogger yang berasal dari luar Indonesia yang kantor
pusat situsnya berada di Hongkong. Saya sudah cek situs dan profil pemilik
situs serta mereka yang bekerja dalam outreach blogger.
Blogger Outreach
Dalam dunia ini tidak ada manusia
yang bergantung pada dirinya sendiri dalam mengusahakan sebuah kesuksesan. Sukses membutuhkan kerja sama. Demikian juga
dalam dunia blog. Para penulis dan pemilik blog memerlukan kerja sama antar
blogger maupun antar pemilik produk. Pemilik produk membutuhkan sebuah strategi
yang efektif (tercapai tujuan/berhasil) dengan para influnecer. Teknik seperti
ini dikenal dengan Outreach Blogger. Melalui teknik ini antara blogger dan pemilik
produk bekerja sama secara efektif (Blogger Outreach)
Mendalami Blogger Outreach
Apakah kita paham tentang penjangkauan blogger atau Outreach
blogger?
Outreach blogger atau menjangkau
blogger dalam istilah yang lain kita kenal influencer. Apa influencer di niche atau
domain kita tentunya mengarah kepada apa yang disebut dengan Blogger Outreach. Dengan
demikian kita dapat mengartikan frasa Blogger Outreach atau hubungan blogger.
Blogger Outrech adalah salah satu strategi dalam mempromosikan bisnis melalui
blogger (penulis blog). Melalui blog dari para pemilik dan penulis blog, sebuah
brand dapat dipromosikan. Pengertian lain yang lebih mudah diingat yaitu
blogger outreach adalah kemampuan membangun kerja sama atau bergandengan tangan
dengan komunitas blogging. Komunitas
Blogging ini menamakan komunitas mereka macam-macam. Ada yang menggunakan kata Blogger
Outreach Services, yang lain menggunakan kata Best Blogger Outreach Services
dll.
Jadi, blogger outreach berarti
membangun kerja sama atau bergandeng tangan dalam mencapai sukses di dunia
bisnis. Bisnis itu ada macam-macam, yaitu melalui produk berupa barang dan
jasa. Produk berupa barang seperti kita menghasilkan produk makanan, minuman,
obat, sepatu, tas, pakaian dan lain-lain. Produk ini tidak akan laku terjual
jika tidak ada promosi. Dalam promosi produk, ada banyak teknik promosi seperti
menjual langsung dan tidak langsung. Penjulan demikian dapat dilakukan melalui
salah satu cara di dunia online yaitu melalui komunitas Blogger yang disebutkan
dengan istilah “Blogger Outreach. Komunitas ini berusaha menjangkau para
blogger dengan tujuan membangun kerja sama. Salah satu kerja sama itu yakni
menerbitkan iklan melalui blog dengan cara Sponsored Post atau artikel
bersponsor.
Komunitas blogger ini akan
berusaha mengirim pesan kepada kita melalui email. Untuk bagian ini sebaiknya
saya narasikan pengalaman saya dalam bulan April 2021 ketika dihubungi oleh
salah satu komunitas blogger Asia yang berkantor pusat di Hongkong. Komunitas
mereka disebut dengan “Blogger Outreach … Saya sengaja tidak menyebutkan tidak
lengkap. Mengapa demikian karena baru pada taraf kesepakatan untuk artikel
bersponsor dan nama serta blog saya sudah dimasukan dalam list mereka, saya
diminta menunggu, bila mereka telah mendapatkan klient maka pihak mereka akan
menghubungi saya. Itulah sebabnya saya belum menyebutkan nama komunitas ini
secara lengkap. Saya akan sampaikan setelah ada wujud menerbitkan artikel
bersponsor di blog saya “Metodologi Penelitian”.
Bagian terbaik dari penjangkauan blogger adalah Anda dapat melipatgandakan lalu lintas Anda dengan memanfaatkan otoritas blog orang lain. Anda dapat mencapai tujuan Anda dengan cepat, yang mungkin membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk mencapai tujuan yang sama.
Dari posting blog ini, Anda akan mendapatkan ide eksplisit
tentang penjangkauan blogger dan bagaimana menjadi sukses mengungguli pesaing
Anda.
Layanan Blogger Outreach
Kita sudah menyebutkan blogger outreach di penjelasan di
atas, lalu seperti apa Layanan Blogger
Outreach. Layanan blogger ini meliputi:
1.
Sponsored Post atau artkel bersponsor
2.
Sponsor Blog
3.
Promosi Online
4.
Branding bisnis
5.
Meriview atau mengulas produk
6.
Co-branding
7.
Duta Besar
8.
Peluncuran produk
9.
Mengembangkan konteks
10.
Dan sebagainya
11. Bloggor
Outreach sebagai salah satu strategi Strategi Marketing
Penjelasan
1.
Sponsored Post atau artkel bersponsor
2.
Sponsor Blog
3.
Promosi Online
4.
Branding bisnis
5.
Meriview atau mengulas produk
6.
Co-branding
Co-branding menjadi
salah satu strategi para pengusaha. Artinya seorang pengusaha mesti memiliki
banyak strategi usaha. Dalam hal ini sSeorang pengusaha/pemilik produk mesti
memiliki banyak strategi yang dianggap jitu demi menopang keberlangsungan atau
kelangsungan usahanya dan produknya tetap diminati pasar (pengguna produk).
Lalu apa itu co-branding? Dalam
situs pelayananpublik.id, Co-branding adalah strategi pemasaran yang
menggunakan banyak nama merek sebagai barang atau jasa yang merupakan bagian
dari aliansi strategis”. Contoh template
Blogger rasa WP atau Indomie rasa Chitato. Bahkan dalam situs yang sama
dikemukan sebuah kesimpulan bahwa Co-Branding yaitu penggabungan dua produk
dari perusahan berbeda menjadi satu produk baru. Misalnya Chitato Rasa Indomie
Goreng. Dengan demikian produk baru ini dinamakan produk co-branded’
8.
Peluncuran produk
9.
Mengembangkan konteks
10.
Dan sebagainya
11. Bloggor
Outreach sebagai salah satu strategi Strategi Marketing
Dalam sumber yang lain sebagaimana yang disebutkan dalam
situs brandmeetsblog.com.au, Layanan
Penjangkauan Blogger meliputi:
1. Posting bersponsor
2. Ulasan produk
3. Pengambilan sampel kampanye
4. Acara langsung
5. Promosi / hadiah online
6. Proyek merek bersama
7. Acara Blogger
8. Penempatan produk / pengembangan
konten
9. Duta Besar
10. Sponsor podcast dan blog
Manfaat Strategi
Blogger Outreach
Ada sejumlah manfaat yang diperoleh dalam penjangkauan
blogger, diantaranya:
1.
Sebuah blog
akan lebih aktif di berbagai jejaring sosial
2.
Blog mendapatkan
lebih banyak sebutan sosial.
3.
Pemilik blog merasa dapat diandalkan untuk
meneliti merek, produk, atau layanan apa pun melalui blog.
4.
Blog menjadi sarana yang efisien untuk
meluncurkan dan mempromosikan produk atau layanan baru.
5.
Penulis blog atau blogger akan giat membangun audiens mereka
6.
Seorang blogger akan menyebarkan merek Anda ke
berbagai audiens baru.
7.
Blog hampir membahas ceruk tertentu; dengan
demikian akan mendorong untuk lebih fokus pada audiens target.
8.
Blog merupakan sumber eksklusif untuk merekrut
influencer karena setiap influencer pasti memiliki blognya masing-masing.
9.
Memungkinkan nama-nama terkenal mempromosikan
Anda sehingga lebih banyak pemirsa atau prospek yang memperhatikan nama dan
merek Anda.
10.
Bangun otoritas domain Anda dan tingkatkan
peringkat Anda dengan menghasilkan backlink otoritatif dari blog favorit.
Cara Melakukan Penjangkauan
Blogger
Pergi ke Google. Anda menuju ke
Google untuk mencari solusi. Saat itulah Anda menemukan hal penjangkauan
blogger ini.
Apa itu penjangkauan blogger?
Penjangkauan Blogger adalah proses menampilkan produk atau
konten Anda kepada blogger dan jurnalis yang relevan dengan mengirimi mereka
email yang dipersonalisasi. Tujuan utama dari penjangkauan blogger adalah untuk
meyakinkan mereka yang memiliki banyak target audiens untuk membicarakan
tentang Anda dan menautkan ke situs web Anda.
Menulis Artikel Tentang
Topik yang Sama
Saya sering mengalami bahwa artikel saya saya tulis kadang
sama dengan artikel orang lain. Bahkan ada yang kopi paste. Jika seseorang
telah menulis artikel tentang topik yang sama dengan Anda, Anda dapat bertaruh
bahwa mereka sangat tertarik dengan topik itu. Untuk itu kita gunakan google
untuk melihat topic yang sama. Saat kita
gunakan google maka akan muncul 10 besar artikel yang judulnya sama bahkan
mirip dengan yang kita tulis. Hal ini menunjukkan bahwa artikel
Buka Google dan cari beberapa kata kunci yang terkait dengan
topik konten Anda. Kumpulkan daftar artikel yang muncul di hasil.
Jika kita mencari prospek untuk postingan ini, kita akan mencari
sesuatu seperti "penjangkauan blogger".
Menurut grouphigh.com, 5 fase penjangkauan blogger yaitu:
1.
Rencanakan seluruh kampanye Anda sebelum
menjangkau blogger. Membayangkan tujuan Anda sepenuhnya sebelum melempar sangat
penting sehingga Anda dapat mengarahkan kampanye secara akurat ke arah yang
benar. Mengonsultasikan persona pembeli juga sangat penting sehingga Anda dapat
memiliki gambaran yang jelas tentang jenis blogger yang diikuti konsumen Anda.
2.
Identifikasi
blogger yang tepat melalui alat penjangkauan blogger, rekomendasi dari blogger
lain di jaringan Anda, pencarian berdasarkan topik khusus, dan gulungan blog.
3.
Promosi Jangkau
blogger dengan cara yang dipersonalisasi yang berisi memberi (apa yang Anda
tawarkan dan mengapa mereka ingin bekerja dengan Anda) dan pertanyaan (apa yang
Anda ingin mereka lakukan untuk merek Anda).
4.
Kirim. Berikan aset kepada blogger
yang bekerja dengan Anda untuk menulis tentang seluruh pengalaman dengan merek
Anda. Dari konten yang mengagumkan hingga item merek baru hingga infografis
hingga wawancara eksklusif — kirimkan apa yang Anda janjikan dan buatlah
menjadi keren.
5.
Promosikan Saat Anda memperoleh
media dari blogger, bagikan di saluran Anda sendiri. Ini membantu posting Anda
mendapatkan eksposur dan membantu blogger mendapatkan audiens baru.
Manfaat Penjangkauan
Blogger
1.
Pembeli rata-rata berkonsultasi dengan 11 ulasan
produk sebelum membuat keputusan pembelian. Sebagian besar adalah posting blog.
2.
Blogger lebih mudah dicari berdasarkan kriteria
kontekstual yang terperinci daripada pemberi pengaruh di platform lain.
3.
Blogger adalah beberapa sumber daya yang paling
dicari saat konsumen meneliti merek dan produk. Faktanya setidaknya 81%
populasi digital mempercayai saran yang mereka dapatkan dari blogger.
4.
Blogger aktif di berbagai saluran sosial
sehingga mereka adalah batu loncatan yang bagus untuk kampanye yang menjangkau
banyak saluran digital.
5.
Blogger menulis tentang topik berbasis niche
alih-alih genre yang memungkinkan pemasar menemukan influencer yang memiliki
audiens yang sangat tertarget.
6.
Tindakan dan penyebutan sosial didorong lebih
efektif oleh "pusat kekuasaan". Influencer tingkat menengah seperti
blogger memiliki audiens yang lebih kecil tetapi lebih setia dan mendorong
keterlibatan 16 kali lebih banyak daripada media berbayar dan "mega
influencer".
7.
Blog berada di lima besar sumber informasi
tepercaya.
Cara Membangun
strategi penjangkauan blogger yang sukses
1.
Pendekatan atau Dekati penjangkauan blogger
dengan pendekatan "membangun jaringan". Buat strategi yang
mengidentifikasi blogger yang paling banyak mengangkat merek Anda dan
menyegmentasikan mereka ke dalam kelompok advokat yang Anda bina dan bekerja
sama dengan Anda.
2.
Pada email penjangkauan awal setelah mengidentifikasi
blogger yang ingin Anda ajak kerja sama, kirimkan promosi pribadi yang berisi
hal-hal berikut secara jelas dan ringkas:
a.
Latar belakang singkat tentang Anda dan merek
Anda
b.
Mengapa kalian berdua cocok
c.
Apa yang Anda minta dari blogger tersebut
d.
Apa yang ingin Anda berikan untuk membuat
hubungan saling menguntungkan
e.
Tautkan ke aset merek tetapi jangan mengirim
lampiran di email pertama
3.
Identifikasi relung dalam vertikal blogger yang
akan diikuti oleh target konsumen Anda.
4.
Coba-coba. Coba pendekatan yang berbeda dan
bekerja dengan ceruk yang berbeda untuk mempelajari media digital apa dan jenis
posting apa yang paling banyak menciptakan keterlibatan merek.
5.
Berfokuslah untuk memberi blogger Anda seluruh
pengalaman dengan merek Anda. Ini memunculkan pos yang mendorong keterlibatan,
bukan tautan dan sapaan sederhana.
6.
Fokus pada kecocokan kontekstual daripada
kecocokan numerik. Audiens kecil tapi bertarget super lebih efektif untuk
kampanye Anda daripada blogger yang memiliki "semacam" kecocokan
kontekstual tetapi memiliki banyak pengikut Twitter.
7.
Promosikan semua media yang diperoleh di saluran
sosial Anda sendiri.
8.
Lengkapi blogger dengan banyak aset untuk
membantu mereka menulis postingan yang mengagumkan dan akurat tentang merek
Anda. Gambar resolusi tinggi, panduan produk, dan infografis sangat bagus!
9.
Bekerja dengan blogger di berbagai saluran
digital. Blogger mempromosikan diri mereka sendiri di seluruh saluran sosial
mereka sehingga pengaruh mereka cenderung berada di berbagai media.
Pentingnya Menggunakan Layanan Penjangkauan
Blogger
1. Mengidentifikasi blog yang sesuai
2. Menghubungi pemilik,
3. Menentukan harga kampanye
4. Mengembangkan strategi kampanye,
5. Menganalisis hasil membutuhkan waktu.
Banyak waktu. Ini juga bisa menghabiskan banyak uang, tanpa
pengembalian investasi itu. Dengan menggunakan layanan penjangkauan blogger
profesional, Anda akan memiliki ahli strategi kampanye yang bekerja dengan Anda
untuk memilih pemberi pengaruh yang ideal, mengelola kampanye, dan memberikan
hasil.
Peran Blogger Dalam Bisnis Pemilik
Produk
1. Ada banyak cara untuk bermitra dengan
blogger untuk mencapai tujuan Anda.
2. Ahli strategi penjangkauan Anda akan
mengambil tujuan Anda dan menghasilkan eksekusi yang kreatif dan menarik.
3. Kemungkinannya hanya dibatasi oleh
imajinasi Anda!
Layanan Outreach Blogger
Menurut brandmeetsblog.com.au,
Layanan Penjangkauan Blogger meliputi:
1. Posting bersponsor
2. Ulasan produk
3. Pengambilan sampel kampanye
4. Acara langsung
5. Promosi / hadiah online
6. Proyek merek bersama
7. Acara Blogger
8. Penempatan produk / pengembangan
konten
9. Duta Besar
10. Sponsor podcast dan blog
Tujuan
akhirnya adalah untuk mengungkap pengaruh blogger yang cocok untuk bisnis Anda
dan membuat mereka membicarakan Anda.
Mengapa Outreach Blogger
Dalam situs brandmeetsblog.com.au,
memberi beberapa alasan yaitu:
1. Seorang blogger tidak hanya menulis
di internet,
2. Blogger memiliki atau membentuk
komunitas yang dinamis
3. Blogger punya kemampuan untuk “Mata
uang digital”
4. Kepercayaan mendorong tindakan dan
inilah yang membuat blogger begitu kuat.
Membuat Email Outreach Blogger
Pada waktu
saya mendapat email dari blogger outreach service yang isinya meminta kerja
sama dalam hal menerbitkan iklan di blog saya melalui artikel bersponsor. Saya
kemudian membalas surat tersebut bahwa saya setuju. Tentu surat yang saya
maksudkan disini yakni email.
Saya
menggunakan email dari gmail sedangkan pihak OBS menggunakan email resmi
komunitas blogger OBS (Outreach Blogger Service) yang didalamnya ada foto dari
staf layanan yang bertugas menghubungi para blogger.
Setelah
pengalaman terebut berlalu beberapa hari, saya kemudian mencari informasi di
internet. Saya kmudian mendapatkan apa yang disebut dengan email Outreach Blogger.
Ternyata ada template khusus untuk email penjangkauan blogger. Email itu saya
belum memiliki. Oleh karena itu saya membahasnya disini.
Email Outreach Blogger harus lebih personal dan berhubungan
dengan prospek kita. Tentunya sesuai dengan niche blog kita. Dalamemail itu
kita dapat menambahkan pandangan atau komentar kita tentang postingan
atau acara blog terbaru. Dengan begitu kita dapat memberi tahu mereka bahwa kita
adalah pengikut setia blog dan aktivitas sosialnya. Oleh karena itu jangan
menyebutkan lebih banyak tentang diri kita dan niat kita. Email kita harus menunjukkan
kesidiaan membantu semampu kita. Membantu disini tidak dalam arti uang tetapi
dalam kontribusi pemikiran yang bermanfaat.
Praktik Terbaik Penjangkauan Blogger
Mari kita melakukan cara Outreach Blogger/penjangkauan
blogger melalui cara sbb:
1.
Kirim email yang dipersonalisasi satu per satu
2.
Jangan gunakan template email umum atau salin /
tempel email
3.
Bantulah pemberi pengaruh dengan cara atau
sebelum mengharapkan bantuan
4.
Jangan berniat lebih untuk mencapai tujuan
tindakan Anda secara langsung
5.
Ikuti dengan minat yang nyata dan bangun
hubungan
6.
Jangan ketinggalan demi membuat terkesan
7.
Apakah meminta umpan balik, ulasan tentang
produk atau layanan Anda
8.
Jangan memaksa untuk hanya memberikan ulasan
positif
9.
Hargai upaya dan efisiensi mereka
10.
Jangan meminta untuk memiliki kendali atas
bagian editorial konten (untuk kiriman bersponsor)
11.
pastikan
template email bebas dari kesalahan tata bahasa dan kesalahan logika.

0 Komentar